SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI e-kinerja DI LINGKUNGAN BKPP LABUHANBATU

SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI e-kinerja DI LINGKUNGAN BKPP LABUHANBATU

 

Rantauprapat (23/02/2018), Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu telah menetapkan pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) kepada ASN Kabupaten Labuhanbatu sesuai kinerja. Dasar kinerja ini diberikan merujuk pada kinerja ASN berbasis Aplikasi E-Kinerja. Penggunaan Aplikasi E-Kinerja ini didasari Undang-undang Nomor  5 Tahun 2014, Permenpan-RB Nomor 63 Tahun 2011, Permendagri Nomor 35 Tahun 2012 dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017.

Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Labuhanbatu selaku OPD leading sector harus lebih menguasai penggunaan aplikasi ini dibandingkan OPD lainnya. Demikian sebut Kepala BKPP, Drs. Zainuddin Siregar didampingi Sekretaris BKPP, H. Supomo, S.Sos ketika membuka sosialisasi penggunaaan aplikasi E-Kinerja yang bertempat di Aula BKPP Kabupaten Labuhanbatu.

Sosialisasi ini sendiri disampaikan oleh Kasubbid Informasi Kepagawaian, Mardan Bangun, S.Psi, M.Psi dan Kasubbid Pengadaan dan Permbinaan, Erna Hayati, SE, MAP di hadapan seluruh ASN BKPP Labuhanbatu.

Aplikasi E-Kinerja ini dapat dibuka di situs www.e-kinerja.labuhanbatukab.go.id. Setiap ASN dapat membuka akunnya masing-masing sesuai kewenangannya. Untuk login ASN dapat memasukkan Username nya masing-masing sesuai NIP dan Password yang telah diberikan.

Selanjutnya ASN dapat mengedit data pribadi apabila masih ada yang salah atau kurang tepat dengan mengklik pilihan biodata lalu pilih edit. Selanjutnya untuk memenuhi porsi 40 % dari TPP, maka ASN harus mengentri kegiatan dengan memilih kolom tambah lalu mengentri data kegiatan yang dilakukan.

Apabila dinilai telah sesuai maka ASN dapat mensave kegitaannya dengan mengklik pilihan simpan. Setelah dinilai benar ASN dapat melihat, mengedit mengirimkan hasil kinerjanya kepada atasannya dengan mengklik tombol yang sesuai. Namun apabila ASN telah memilih kirim maka laporan kinerja yang telah dikirim tidak dapat diedit kembali oleh yang bersangkutan. Selanjutnya atasan ASN masing-masing sesuai kewenangannya dapat menerima atau menolak/mengembalikan kinerja ASN yang bersangkutan.

Selanjutnya bila kinerja ASN telah dikirim kepada atasannya maka akan diverifikasi oleh operator OPD yang telah diberikan Username dan Password masing-masing untuk dilaksanakan proses selanjutnya. Aplikasi E-Kinerja ini dapat dibuka dan diisi di smartphone dengan mengetik alamat website di atas.

Di akhir sosialisai ini Kepala BKPP, Drs. Zainuddin Siregar menyampaikan agar seluruh ASN BKPP untuk mulai melaporkan hasil kinerjanya di Aplikasi E-Kinerja ini. (AB)