TUTORIAL INTALANSI MESIN FINGGERPRINT di LINGKUNGAN PEMKAB LABUHANBATU

Tutorial Instalansi Mesin Absensi x-100c

CARA INSTALL  APLIKASI 

Langkah-langkah Installl program/aplikasi Manajemen Absensi  :

Pertama pilih Install Program Absensi , kemudian tekan tombol  “ O K” .

Langkah berikutnya anda  teka n tom bol  “ Ne xt” .

Langkan berikutnya tandai “ I Ac c e p t t h e  a g r e e m e n t ” , k e m u d i a n a nda  teka n tombol  “ Next” .

 

PENGATURAN PRESENSI

Pengaturan Presensi digunakan untuk menentukan aturan dasar absensi agar lebih sesuai dengan sistem absensi di perusahaan anda. Untuk menyesuaikan pengaturan software absensi pilih menu Pengaturan > Aturan Presensi.

 

Aturan Dasar

Isi nama perusahaan Anda dikolom

Nama Perusahaan

isi singkatan nama perusahaan anda di kolom Inisial.

Durasi kerja terlama kurang dari/

adalah waktu terlama jam kerja efektif yang berlaku di perusahaan Anda.

Durasi kerja terpendek lebih dari/

 adalah waktu terpendek jam kerja efektif yang berlaku di perusahaan Anda.

JK lewat tengah malam

 diasumsikan jika ada karyawan yang kerja melewati tengah malam maka karyawan tersebut dapat diasumsikan bekerja untuk hari pertama atau hari kedua.

Status keluar

digunakan untuk menentukan jika ada karyawan yang menggunakan status keluar pada jam kerja (break-out/in), apakah statusnya diabaikan, dianggap keluar, dianggap tugas keluar atau harus dicek lebih dahulu.

Status Lembur

digunakan untuk menentukan jika ada karyawan yang menggunakan status lembur (OT in/OT-out) apakah statusnya tersebut diabaikan, langsung dianggap lembur atau harus dicek dulu oleh administrator aplikasi.

 

Kalkulasi

 

Satu hari kerja/menit adalah total jam kerja efektif yang berlaku umum di perusahaan Anda, begitu juga toleransi terlambat atau pulang cepat. Pengisian ini sifatnya umum, Anda nantinya dapat mendefinisikan total jam kerja departemen atau karyawan melalui Pengaturan Jam Kerja. Jika karyawan tidak scan masuk maka karyawan dapat dianggap terlambat atau absen. Tandai pilihan tidak scan masuk sebagai ...dan isi durasi yang Anda inginkan untuk mengaktifkan fitur ini. Sebaliknya jika ada karyawan tidak scan keluar dapat dianggap pulang cepat atau absen. Tandai pilihan tidak scan keluar sebagai… dan isi durasi yang Anda inginkan untuk mengaktifkan fitur ini.

 

Jika ada karyawan yang terlambat dari durasi yang Anda tentukan dapat dianggap absen. Tandai pilihan Jika terlambat dan isi durasi yang Anda inginkan untuk mengaktifkan fitur ini. Jika ada karyawan yang pulang cepat lebih dari durasi yang Anda tentukan dapat dianggap absen. Tandai pilihan Jika pulang cepat dan isi durasi yang Anda inginkan untuk mengaktifkan fitur ini. Untuk mengatur durasi minimal lembur ditempat Anda, tandai pilihan Lembur/menit setelah scan pulang dan isi durasi minimal lembur yang Anda inginkan.

 

Status Presensi

 Pengaturan Status Presensi ini digunakan untuk menentukan aturan cara perhitungan dan pembulatan Jam Kerja Normal, Terlambat, Plng Cepat, Dinas Luar, Izin, Absen, Lembur, Lembur Bebas, dll.

 

Pengaturan digunakan untuk menentukan : 1. Jenis satuan durasi yaitu dalam hari, jam, atau menit. 2. Panjang durasi minimal. 3. Pembulatan durasi. Ada 3 (tiga) cara pembulatan yang dapat Anda pilih, yaitu : 1. Pembulatan kebawah. Mis: 1,1 atau 1,9 akan dibulan menjadi 1. 2. Pembulatan ke atas. Mis : 1,1 atau 1,9 akan dibulatkan menjadi 2 3. Tanpa pembulatan. Mis : 1,5 akan dibulatkan menjadi 2, dan 1,4 akan dibulatkan menjadi 1.

Set Akhir Pekan

Pengaturan set akhir pekan ini untuk menentukan hari apa saja yang akan dianggap sebagai akhir pekan, dan bisa juga untuk mengatur bila ada yang masuk pada akhir pekan maka akan automatis akan dihitung sebagai lembur.

Pilih menu Pengaturan > Departemen Dalam menu Pengaturan Departemen ini Anda dapat membuat departemen/divisi yang ada di perusahaan Anda. Untuk membuat/menambah departemen tekan tombol Tambah, isi nama departemen/divisi lalu OK. Untuk menghapus departemen/divisi pilih dulu departemen/divisi lalu tekan tombol Hapus. Jika Anda menghapus sebuah departemen dimana dalam departemen tersebut telah ada beberapa karyawan maka secara otomatis karyawan- karyawan akan dipindahkan ke departemen induk.

Untuk mengubah nama departemen/divisi, pilih departemen/divisi lalu tekan tombol Ubah Nama lalu klik Enter.

Jika Anda ingin memindahkan Sub departemen ke departemen lain, silahkan klik dan drag departemen tersebut ke departemen yang dituju. Klik tombol Karyawan, akan muncul tampilan berikut :

(a&n)